Wisata Air Terjun Curug Sewu Di Kendal


Curug Sewu - Kendal





Nama air terjun Curug Sewu diambil dari nama desa tempat air terjun berada, yaitu Desa Curugsewu.  Air terjun Curug Sewu memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, dengan total ketinggian 70 meter yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. terlihat sangat indah dan menawan untuk dipandang, terlebih pada saat tertentu, diantara ketiga tingkatan air terjun itu  muncul pelangi dengan aneka  warna yang mempesona.

Air terjun Curug Sewu ini berada di kertinggian 650 m dpl dan merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah.
Lokasi

Terletak di Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah

Peta dan Koordinat GPS: 7° 5' 8.64" S  110° 5' 58.15" E
 

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 40 km ke selatan dari kota Kendal  dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum. Untuk kendaraan pribadi menuju objek wisata ini dari kota Kendal dapat ditempuh dari dua jalan utama.  Bila dari arah barat menggunakan jalur Weleri -Sukorejo yang terlebih dahulu mellaui kota Cepiring.  Sedangkan dari arah timur menggunakan jalur Boja-Patean.  Kondisi jalan kedua jalur ini sudah beraspal mulus akan tetapi berkelok-kelok naik turun medannya.
Selain kedua jalur di atas Curug sewu juga bisa ditempuh dari Temanggung dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam berkendara atau Kebumen melewati Parakan kemudian langsung ke lokasi.
Bagi yang menggunakan kendaraan, dari kota Semarang naik bis jurusan Sukorejo, melewati Mijen, Boja dan selanjutnya dari Sukorejo naik angkot atau ojek ke Curug Sewu sekitar 7 km perjalanan.  
Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 5000 per orang.

Fasilitas dan Akomodasi

Beberapa fasilitas yang ada di kawasan ini adalah ara parkir yang luas, musholla, MCK, dan beberapa warung penjual makanan.  Bahkan di tempat ini tersedia juga taman rekreasi, kebun binatang mini dengan koleksi satwa yang beragam, kolam renang, panggung hiburan dan taman bermain anak yang dilengkapi wahana permainan, seperti kereta mini dan jet coaster.

Selain itu untuk melengkapi berbagai fasilitas dan sarana yang sudah ada, Gardu pandang juga disediakan bagi para pengunjung untuk melihat lepas bentangan alam.

selamat menikmati wisata di kendal

0 comments:

Posting Komentar