cara memaknai kehidupan (kita vs anak jalanan)

anak jalanan? mungkin pertama kali yang muncul dalam benak anda adalah kotor,jahat dan tidak berpendidikan karena mungkin anda menganggap bahwa anak jalanan adalah sampah yang tak berguna. tapi pernahkah anda berpikir tentang keistimewaan mereka? mungkin anda akan berpikir ulang untuk mengetahuinya,  ternyata banyak mengerti hal tentang sesungguhnya makna kehidupan ini. coba bayangkan diri kita yang selalu menggantungkan diri kepada orang tua kita untuk sekedar minta uang jajn tapi lihatlah anak-anak yang ada dijalanan itu, mereka bertahan hidup dengan cara mereka sendiri dan rasa persaudaraan yang kuatlah yang membuat mereka tak pernah hilang dari jalanan untuk mencari makan dijalan.

anak jalanan yang sehari-hari bergantung dari belas kasihan seharusnya lebih banyak lagi diperhtikan para petinggi di negeri ini karena mereka adalah generasi bangsa ini yang banyak memiliki kemampuan yang luar biasa dibandingkan kita yang berkehidupan layak. Kitapun harus mencontoh mereka dalam hal solidaritas mereka yang sangat kuat yang sekarang ini hilang dari diri para generasi penerus kita saat ini sehingga kita bisa membawa bangsa ini kearah yang lebih baik lagi.

sekarang coba kita bayangkan lebih hebat manakah kita dan anak jalanan dalam memaknai hidup ini?
dalam segi materi, pendidikan dan kesehatan memang kita lebih diunggulkan dari pada mereka karena kita mungkin banyak yang bergantung pada orang tapi tidak jarang juga yang dapat sukses dari kerja keras kita sendiri dan sekarang anak jalanan yang bergantung dari hasil mengamen ataupun mencari sisa barang yang sudah tidak terpakai ternyata mempunyai keistimewaan dalam segi solidaritas dan rasa ingin bertahan hidup yang tingg walaupun dengan cara yang agak sedikit "kotor".
Disini saya sebagai penulis tidak menyarankan anda untuk melakukan segala cara untuk bertahan hidup tapi cobalah kita memaknai hidup ini karena kita yang sudah berkecukupan sebaiknya harus lebih lagi dari mereka yang bisa dikatakan kurang mampu dan bisa memberikan yang terbaik setidaknya untuk keluarga kita atau kalau bisa untuk mebangkitkan bangsa kita yang sudah lama terpuruk.

saran saya janganlah kita mengandalkan orang lain, setidaknya kita bisa meberikan sesuata pada orang lain karena saya pernah mendengar kata-kata seperti ini "TANGAN DIATAS LEBIH BAIK DARI PADA TANGAN DIBAWAH"


kunjungi juga posting-posting yang lain saya di: http://muhammad-muhajir.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar